Minggu, 05 Januari 2020

Perlunya membeli JR Pass saat traveling ke Jepang






Buat kamu yang akan mengunjungi Jepang, pasti bertanya-tanya. Perlukah membeli JR Pass saat traveling ke Jepang? Jawabannya tergantung.Tergantung tempat mana saja yang ingin kamu tuju. Jepang punya banyak sekali moda transportasi, salah satu transportasi yang terkenal di Jepang adalah kereta cepat Shinkansen. Nah kereta shinkansen ini di operasikan oleh perusahaan transportasi di jepang bernama JR (Japan Railway). Jika teman-teman melihat itinerary Jepang yang saya buat beberapa bulan yang lalu, pasti saya akan membeli JR Pass, karena saya akan berpindah-pindah kota selama 7 hari mulai sari Tokyo, Osaka, Kyoto, Kanazawa, Shirakawago, Ibaraki, Kawaguchi, Nikko dan kembali ke Tokyo. Tapi jika teman-teman hanya stay di Tokyo, kalian cukup membeli Tokyo Subway Metro Ticket, Pasmo atau Suica. Namun, kartu tokyo Subway metro Ticket ini tidak bisa digunakan di jalur JR.
JR Pass hanya bisa dibeli oleh wisatawan mancanegara, sedangkan warga jepang sendiri jika ingin naik kereta JR harus membeli tiket satuan. Puas sekali bukan, kita bisa naik kereta shinkansen sepuasnya selama 7 hari. Harga JR Pass adalah 29.650 yen untuk 7 hari atau sekitar 3,5 Juta. Tapi kalian bisa mendapatkan diskon jika kalian pintar mencari promo. 
Misalkan saja pesawat Kita Mendarat di Tokyo dan kita ingin pergi ke Osaka. Jika kita membeli tiket satuan dari Tokyo Station ke Osaka Station harganya 14.920 yen atau setara dengan 1,9 Juta untuk sekali jalan. Jadi sangat worth it jika kalian menggunakan JR Pass untu keliling Jepang.
Selain, memiliki banyak trasnportasi, Jepang juga memiliki berbagai macam kartu transportasi. Jadi, sebelum membeli kartu transportasi, kalian harus menentukan terlebih kota mana yang akan kalian tuju. 
  1. Jika kalian berada di kanto area dan kalian ingin mengunjungi Nikko, Ibaraki, Kawaguchi, kalian  bisa membeli Tokyo Wide Pass, Gala Yuzawa, kalian bisa membeli JR Tokyo Wide Pass seharga 10.180 yen untuk dewasa dan 5.090 yen untuk anak-anak.Kartu ini bisa digunakan untuk mengelilingi wilayah Kanto Selama 3 Hari.
  2.  Jika kalian ingin mengunjungi Osaka dan Kyoto saja, kalian bisa membeli Kyoto-Osaka Sightseeing pass seharga 800 yen untuk satu hari dan 1200 yen untuk 2 hari. Dan jika kalian hanya ingin mengunjungi osaka saja, kalian bisa menggunakan Osaka Amazing Pass.
  3. Jika kalian ingin berada di wilayah Kyoto Saja, kalian bisa menggunakan Kyoto Sightseeing Pass 1 hari seharga 600 yen. Kyoto Sightseeing Pass bisa digunakan di Keihan Railway, namun tidak bisa digunakan di jalur JR. Dan jika kalian ingin berkeliling Tokyo dengan bus kalian bisa membeli Kyoto Bus pass 1 day seharga 60 yen. Karena kebanyakan tempat wisata di kyoto di lalui oleh jalur bus.
  4. Jika kalian ingin mengunjungi nikko selama 4 hari, kalian bisa membeli Nikko Pass All Area di Asakusa atau Ikebukuro Station seharga 4600 yen untuk dewasa dan 1180 yen untuk anak-anak. Dan jika kalian hanya ingin mengunjungi Nikko world heritage Area, kalian bisa membeli Nikko Worl Heritage Area Pass seharga 2040 yen untuk dewasa dan 610 yen untuk anak-anak. Bagi kalian penguna JR pass, tranportasi hanya di cover sampai JR Nikko station. Dan jika kalian hanya ingin mengunjungi nikko selama 2 hari, kalian bisa menggunakan 2 Days Nikko Pass seharga 2670 yen untuk dewasa dan 1340 yen untuk anak-anak.

Simulasi hitung-hitungan JR Pass ala saya :
JR PassTiket JR (Harga Satuan)
Tokyo Station-Osaka Station29.65014920
Osaka Station-Kyoto Station570
Kyoto Station-Kanazawa Station7220
Kanazawa Station-Tokyo Station14580
Tokyo Station-Otsuki Station-Tokyo Station5080
Tokyo Station-Hitachi Station-Tokyo Station9760
Tokyo Station-Utsunomiya Station-Nikko Station6200
Nikko Station-Utsunomiya Station-Tokyo Station6200
29.65064.530

Ditambah selama 1 hari keliling Kyoto saya juga menggunakan JR Pass untuk ke arashiyama bamboo Forest, namun tidak saya masukkan ke dalam tabel. Sudah sangat menguntungkan sekali bukan menggunakan JR Pass bila kita bandingkan jika kita membeli tiket dengan harga satuan.
Bagi kamu yang ingin menggunakan JR Pass, kamu bisa membeli di Traveloka, Klook, His Travel, KK Day. Jika kalian beurntung, kalian bisa membeli JR Pass dengan harga yang lebih murah. kalian bisa menukarkan voucher pembelian dengan JR Pass seperti gambar diatas di Soekarno Hatta International Airport atau bisa juga diantar ke rumah. Dan JR Pass hanya bisa diaktivasi di Jepang sesuai dengan tanggal penggunaan yang kamu masukkan saat pemesanan. Kamu dapat melakukan aktivasi di narita airport, Haneda Irpost, Tokyo Station dan stasiun-stasiun besar lainnya di Jepang. Satu lagi, JR Pass hanya bis amengcover perjalanan kamu smapai di stasiun JR. Jika tempat wisata kamu tidak berada di Stasiun JR, kamu bisa memilih stasiun JR terdekat lalu membeli tiket kereta menuju ke tempat wisata tersebut karena stasiun JR kebanyakan hanya terdapat di kota-kota besar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar