Senin, 04 September 2017

Mendaki Gunung Galunggung

Ini pertama kalinya saya naik gunung, tapi jangan membayangkan kalau mendaki gunung galunggung ini sama dengan mendaki gunung semeru ya, karena dari tingginya juga jauh berbeda..Saya menganggap kalo mendaki gunung galunggung ini, bukan mendaki gunung, tapi mendaki bukit.Yap..berawal dari berangkat di malam sabtu bersama keempat teman saya jeje, yudha, monik, rona. Kita menuju ke arah bandung..Gunung Galunggung ini terletak di Tasikmalaya.Untuk mencapai Tasikmalaya, kita harus melewati Bandung dan Garut..Beristirahat sejenak di Rest Area, jam 3 pagi kami melanjutkan perjalanan menuju Tasikmalaya.. Tiba di Tasikmalaya, kami berhenti di mesjid untuk sholat, bersih-bersih dan sarapan bubur ayam..Jam 10 kita sudah tiba di kawasan wisata Gunung Galunggung. Perjalanan yang terus menanjak membuat teman saya tidak berani mengendarai mobilnya dikarenakan tanjakan yang begitu ekstrim..Untung saja di pintu masuk galunggung, kami bertemu dengan mas-mas yang mau mengendarai mobil kami naik keatas gunung..Dibayangan saya gunung galunggung ini seperti gunung pada umumnya, namun ternyata gunung ini tidak mengerikan seperti yang ada dibayangan saya..Menaiki anak tangga berwarna kuning (saya lupa berapa jumlah anak tangganya), akhirnya kami tiba diatas puncak gunung galunggung..Ketinggian gunung galunggung ini kurang lebih 2000 mdpl..Ditengah-tengah gunung galunggung terdapat kawah gunung galunggung. Kawah ini terbentuk akibat letusan gunung galunggung..Kawah galunggung berisi air dan disekitarnya ditumbuhi tanaman hijau..Sejak gunung ini meletus, gunung ini sudah tidak aktif lagi.Oh iya gunung ini snagat aman bagi pendaki pemula seperti saya.