Selasa, 20 Agustus 2019

Itinerary 11 Days 10 Night Japan

Berbicara tentang Jepang, Jepang merupakan salah satu negara yang menjadi bucketlist saya. Dengan banyaknya tiket promo yang diberikan dari berbagai travel agen maupun maskapai, membuat impian kita bisa menjadi kenyataan. Iseng-iseng berburu tiket promo di tiket.com, saat itu tiket.com meberikan promo sambar gledek, dimana harga tiket pesawat dan hotel semuanya dikon hingga 50 % di jam-jam dan hari-hari tertentu. Hal pertama yang saya lakukan adalah menentukan negara mana yang akan saya kunjungi. Waktu itu ada 2 pilihan antara saya dan suami. Saya ingin ke Korea karena ingin bertemu oppa (akibat kebanyakan nonton drakor) dan suami ingin ke Jepang. Setelah pemikiran panjang, akhirnya kami memutuskan mengunjungi negeri matahari terbit karena banyak yg bilang kalo jepang lebih bagus dari korea. Akhirnya pencarian terfokus pada tiket pesawat ke Jepang. Karena saat itu sedang ada promo sambar gledek, membuat server tiket.com down hingga tidak bisa diakses. Terkadang saya mencoba berhasil memesan tiket, namun tidak berhasil melakukan pembayaran dikarenakan server down. Ketika sudah bisa diakses, harganya sudah naik lagi. Berulang-ulang kali seperti itu, bahkan saya rela bangun jam 02.00 untuk mantengin harga tiket pesawat ke Jepang yang tak kunjung turun. Hingga pada pagi hari sekitar pukul 10.00, saya berhasil memesan tiket PP CGK-Narita dengan harga 3.285.000 dengan maskapai Japan Ailines. Saya memesan 2 tiket untuk saya dan suami sejumlah 6.565.000. Harga yang sangat murah sekali. Bayangkan saja dengan harga 3.285.000 saya sudah bisa terbang ke negeri sakura, negara impian semua orang. Bahkan tiket pesawat saya ke jepang lebih murah dibandingkan saya membeli tiket ke makassar atau ke Bali dengan garuda Indonesia. Oh, iya waktu itu banyak sekali maskapai yg menawarkan promo diskon 50 % diantaranya JAL, Singapore Airlines, Cathay, Scoot, Garuda Indonesia. Saya memilih Japan Airlines karena melayani penerbangan langsung Jakarta-Narita selama 7 jam. Sedangkan maskapai lain bisanya  transit dulu, dan saya sangat menghindari transit, dikarenakan selain membuang waktu, saya akan lebih lelah karena haru merasakan 2 kali take-off dan 2 kali landing. Dan saya memilih JAL karena Japan Airlines selalu menyabet best Economy Class Airline Seat setiap tahunnya. Jadi gak sabar kan pengen nyibain bangku kelas ekonominya Japan Airlines. Setelah tiket peswat issued, langkah selanjutnya yang saya lakukan adalah bikin itinerary, karena itinerary ini dibutuhkan saat kita akan membuat visa japan.

Oh iya waktu saya memilih tiket peswat ke jepang, saya tidak tahu bulan oktober sedang musim apa.  Saya hanya memikirkan bahwa mungkin bulan oktober pekerjaan saya tidak terlalu sibuk dan saya diperbolehkan mengambil cuti. Tujuan utama saya ke Jepang adalah untuk melihat sakura, tapi ternyata saya baru tau kalo bunga sakura di jepang tidak mekar sepanjang waktu, dan hanya mekar di musim semi saja antara bulan Maret-Mei. Dan dibulan oktober itu sedang musim gugur disebagian wilayah utara jepang dan early autumn untuk bagian selatan jepang. Jadi seharusnya saya memesan tiket bulan november, karena bulan november merupakan puncak musim gugur. Kalo bulan oktober itu, ditokyo daunnya belum berwarna merah, masih peralihan dari warna hijau ke warna kuning. Jadi saya harus mengunjungi wilayah utara jepang untuk melihat momoji.

Buat Kita yang baru pertama kali mengunjungi jepang, Pasti bingung mau kemananya ya..Bisanya untuk kamu yg baru pertama kali mengunjungi jepang, kamu akan memilih utuk mengujungi kota-kota utama di jepang, seperti Tokyo, Osaka, Kyoto, Nara, Kobe. Namun bagi saya 11 hari ke jepang harus mengunjungi 11 perfektur (sebutan untuk wilayah di jepang)..hahahha...bercanda.

Setelah saya berkonsultasi dengan teman saya yng tinggal di jepang, browsing-browsing tempat wisata, dan bertanya kesana kemari. Akhirnya saya memutuskan untuk mengunjungi beberapa kota saja, diantaranya : Tokyo, Osaka, Hiroshima, Kyoto, Shirakawago, Kawaguchi, Ibaraki, Nikko dan berakhir dan tokyo. Dan untuk mengunjungi tempat-tempat ini saya membeli JR Pass.

Dan inilah hasil dari ngutak ngatik itin selama berbulan-bulan bersama suami.

Kenapa saya memasukkan detail perjalanan saya hingga ke menit-menitnya. Karena kereta di jepang itu sangat tepat waktu. Jadi penting sekali untuk kita mengetahui jadwal keberangkatan kereta. Oh, iya selama di berkeliling beberapa kota di jepang saya memilih menggunakan JR Pass karena saya ingin sekali naik shinkansen, dan dengan menggunakan shinkansen saya akan menghemat waktu dan biaya karena banyak sekali kota yang akan saya kunjungi. Saya juga melampirkan seluruh biaya yang saya keluarkan selama di indonesia dan estimasi biaya selama disana