Rabu, 26 Juli 2017

Mengexplore Keindahan Sukabumi

Ini sebenernya jalan-jalannya udah lama banget, tapi baru sempet posting...kurang lebih udah setahun yang lalu..Kita merencanakan perjalanan ke Sukabumi, katanya disana banyak tempat wisata, diantaranya pantai ujung genteng, pantai sawarna, curug cikaso, pantai pangumbahan, situ gunung, dan masih banyak lagi yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu karna saya memang tidak tau..Perjalanan dari Depok ke Sukabumi membutuhkan waktu 12 jam...perjalanan yang sangat panjang. Kita mikirnya perjalanan cuma 8 jam, dan ternyata sangat2 jauh dari harapan...Sepanjang jalan pun terasa lama dan gak sampe-sampe...dari tidur, makan, nyanyi semua udah dilakuin...Medan perjalanannya pun terbilang tidak mudah.karan kita harus naik turun bukit..Kalo masih di Kota Sukabumi c masih ramai, tapi semakin dekat dengan ujung genteng, jalanan semakin sepi..Untuk menuju kesana kita juga harus melewati jalan yang terus menanjak yang dikanan-kirinya dikelilingi jurang..Buat kalian yang akan mengadakan perjalanan ke Panyai Ujung Genteng, harap waspada dan berhati-hati, harus benar-benar orang yag pintar mengemudi..Selain naik turun, jalanannyapun berkelok-kelok, tak heran bila disini dikatakan banyak terjadi begal karena memenag daerahnya rawan dan sepi.
Pukul 22.00 WIB kami tiba di pantai ujung genteng..dari pintu masuk menuju panati, perjalanannya masih sangat jauh dan sepinya bukan main..Hanya satu kendaraan milik kami saja yang melewati jalan menuju pantai ujung genteng.
Setibanya disana, hal pertama yang kita lakukan adalah mencari penginapan, karna kami tiba sudah snagat larut malam  dan sangat melelahkan...Ketika sudah dapat penginapan yang hanya satu kamar, padahal jumlah kami 6 orang, 3 perempuan dan 3 laki-laki. Akhirnya kami memutuskan yang perempuan tidur didalam, dan yang laki-laki tidur diluar.
Karena perut kita yang udah kelaperan, akhirnya kita singgah sejenak untuk makan nasi goreng di pinggir jalan..Setelah makan malam, kami menyempatkan untuk bermain air dan foto2 sejenak di pinggir pantai, padahal tidak ada cahaya yang membuat foto kami menjadi terang.
Akhirnya kami memutuskan untuk tidur, karna hari sudah larut malam dan besok kita akan mengexplore sukabumi, walaupun sebenrnya kami tidak sepenuhnya tidur karna tempat yang kurang nyaman...
Sebelum mandi, pagi-pagi sekali kita sudah menyusuri pantai pangumbahan...Sengaja kami tidak mandi dahulu, karna ingin bermain air dan basah-basahan di pantai..dari tempat kami menginap menuju pantai pangumbahan sekitar 30 menit melewati jalan tanah dikelilingi hutan bakau..Disana juga terdapat penangkaran penyu, hanya saja saat kami kesana belum buka.. Dari tempat parkiran , kita harus menyusuri jalan yang becek dikeilingi hutang bakau sekitar 15 menit..Setelah sampai dilokasi, wow...sangat indah...panatinya sepi, ombaknya kencang, dan pasirnya masih putih.

Setelah bermain basa-basahan di pantai, kita bersih-bersih dan beres2 baju....destinasi berikutnya adalah curug cikaso..Curug cikaso ini terletak di jampang, surade, Sukabumi..Jaraknya tidak jauh dari pantai pengumabahn sekitar 1 jam. Saat kami datang kesana, susanya cukup ramai.Air terjun ini merupakan air terjun terindah yang pernah saya lihat, karen terdiri dari 3 air mancur.