Minggu, 20 November 2011

Groovia TV dan Fitur-fiturnya

<!--[if gte mso 9]> Normal 0 false false false IN X-NONE X-NONE
APA ITU GROOVIA TV ????
Pernahkah ketika kita menonton TV kita melewatkan adegan-adegan seru tayangan favorit kita begitu saja, hanya karena kita ingin ke toilet, mengambil camilan ke dapur, atau karena hal lain yang menyebabkan kita harus beranjak dari depan TV dan menyesal karena telah melewatkan adegan-adegan seru yang tidak mungkin terulang lagi? Atau, pernahkah kita terpaksa harus merelakan tayangan TV favorit kita terlewatkan begitu saja, karena kita tidak punya banyak waktu untuk menyaksikannya? Jika dulu hal itu terjadi, mungkin kita hanya bisa menyesal dan pasrah pada keadaan saja karena adegan seru tersebut tidak dapat diulang lagi.
Sekarang kita tidak perlu khawatir, karena PT Telkom telah meluncurkan IPTV (Internet Protocol Television) yang pertama di Indonesia dengan nama "Groovia TV”. Groovia TV hadir menjawab masalah Anda. Groovia menawarkan pengalaman baru dalam menonton televisi melalui internet sehingga memungkinkan Anda untuk dapat merekam (record), pause, dan rewind tayangan TV Favorit Anda. Bahkan Groovia mampu menjadi one stop multimedia bagi keluarga Anda, karena disediakan juga fasilitas video on demand (VoD), game online, karaoke on demand (KoD) dan lain sebagainya.
Beberapa feature yang dimiliki oleh IPTV ini adalah :
  • IPTV dapat menyiarkan secara live atau prerecorded digital video program-program pendidikan, komersial,dsb, serta dapat melakukan capturing dan transmisi program dari berbagai source.
  • IPTV dapat melakukan scheduling /penjadwalan program sesuai dengan kebutuhan antara pemilik informasi dan audience. Viewer dapat memilih program dari suatu listing yang akan dilihatnya.
  • IPTV dapat memberikan layanan yang ekonomis namun dengan tidak mengorbankan kualitas layanan. Ini karena teknologi bandwidth transmisi yang efisien, yaitu IP multicasting.
  • IPTV mendukung format standard MPEG (Motion Picturre Experts Group) untuk memberikan high quality, full motion video. Feature ini merupakan tambahan terhadap standard CODEC (compression/decompression) untuk menjamin kualitas gambar yang optimal sesuai dengan spesifikasi aplikasi dan bandwidth yang tersedia.
  • Bila dibandingkan dengan metode tutorial yang konvensional, IPTV lebih efisien karena tidak perlu membayar instruktur, biaya print materi relatif lebih sedikit, tidak perlu menyewa ruang seminar khusus (karena IPTV dapat diakses oleh setiap meja selama terkoneksi dalam satu LAN/WAN).
  • Broadcast TV (Live TV) : Merupakan layanan delivery content televisi kepada pelanggan dengan kualitas yang prima baik dari segi gambar, suara maupun interaktifitas.
  • Video on Demand (VoD) : Tersedia konten yang disajikan kepada pelanggan dalam bentuk katalog, sehingga pelanggan dapat memilih Video yang diinginkan.
  • TV on Demand (TVoD) : Merupakan layanan yang dapat digunakan untuk menayangkan ulang acara-acara live TV tertentu dengan rentang waktu beberapa hari ke belakang. Fitur ini sangat bermanfaat untuk yang sering ketinggalan acara TV, kita bisa mengulangnya kembali, seruu ya serasa punya jam pasir yang bisa dikembalikan ke masa lalu.
  • Karaoke on Demand : Merupakan fitur yang memungkinkan pelanggan memasang file video musik yang dispesifikasikan secara khusus untuk karaoke. Seperti juga feature Video dan Music, konten-konten Karaoke akan disimpan dalam katalog menurut kategori-kategori serta dapat dicari dengan menggunakan fasilitassearching. Pelanggan juga dapat menyimpan Karaoke favoritnya. “Dari pada mahal-mahal karaoke hingga ratusan ribu sekali main, dengan GROOVIA TV bisa berkali-kali dan sepuasnya dengan sekali bayar tiap bulannya.”
  • Games on Demand : Menyediakan berbagai kategori Games (Single Games dan Network Games) bagi pelanggan GROOVIA TV.
  • Time Shift TV (Rewind TV) : Pelanggan dimungkinkan untuk memutar/memainkan kembali tayangan program TV yang telah tersedia dengan basis program live TV. Layanan ini memungkinkan pengguna untuk menghentikan siaran dan melanjutkannya kemudian.
  • Radio : Merupakan layanan konten audio yang disediakan oleh GROOVIA TV, konten audio berupa program radio nasional.
  • NPVR (Network Personal Video Recorder) : Merupakan layanan penyimpanan yang disediakan oleh GROOVIA TV dan dapat digunakan pelanggan untuk menyimpan program pilihan pelanggan dari berbagai channel yang tersedia. Pengosonganstorage dilakukan dengan cara penghapusan manual oleh pelanggan. Selain itu, pelanggan dapat merekam video/program TV yang sedang tayang maupun yang akan tayang.
  • Parent Control : Merupakan layanan untuk melakukan pengawasan tayangan bagi anak-anak yang disediakan oleh GROOVIA TV, dimana terdapat pilihan bagi anda untuk mengatur level tayangan sesuai dengan yang Anda inginkan.
  • Bantuan : Merupakan layanan untuk memberikan bantuan pada anda untuk penggunaan seluruh fitur yang tersedia di GROOVIA TV.
Keunggulan Groovia TV dibandingkan dengan layanan TV yang lain antara lain :
  • Adanya layanan interaktif yang tidak tersedia di jaringan TV berbayar lainnya yaitu TV on Demand (TVoD) atau Recorded TV dimana penonton bebas memutar ulang siaran televisi favorit anda hingga beberapa hari kebelakang serta melakukan Rewind, Fast Forward atau Pause siaran televisi yang sedang tayang.
  • Memungkinkan penonton melakukan interaksi dua arah dimana penonton bisa me-request tayangan sesuai dengan yang diinginkan mulai dari tayangan televisi, film dalam dan luar negeri (Video on Demand), siaran radio, video klip (Music on Demand), karaoke (Karaoke on Demand) hingga bermain games favorit secara online.
  • Menggunakan IPTV dapat di-deliver bersamaan dengan Internet dan VoIP diatas jaringan managed IP Broadband dan memberikan tingkat kualitas tertentu.
Label : GROOVIA TV

Tidak ada komentar:

Posting Komentar