Rabu, 16 November 2011

“Bagaimana Internet Telah Membuat Saya Xlangkah Lebih Maju”

Bagaimana Internet Telah Membuat Saya Xlangkah Lebih Maju”

Apa yang ada di benak anda jika anda mendengar kata internet ???

Dahulu bisa dibilang bahwa handphone adalah barang mewah, sekarang bisa dibilang handphone barang lumrah.. Jika anda cermati, beberapa tahun lalu yang namanya laptop adalah barang mewah, tetapi sekarang laptop menjadi barang lumrah. Saat ini, fenomena handphone berjalan beriringan dengan fenomena yang baru, yaitu INTERNET.

Saat sekarang ini internet sudah dapat diakses oleh semua orang,baik dewasa maupun anak-anak.Mudahnya pengaksesan internet karena dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.Sekarang ini sudah banyak dan mungkin hampir semua handphone sudah menyediakan fasilitas internet. berkat adanya internet membuat kita menjadi XLangkah Lebih Maju.

Jumlah pengguna Internet yang besar dan semakin berkembang, telah mewujudkan budaya internet. Internet juga mempunyai pengaruh yang besar atas ilmu, dan pandangan dunia. Dengan hanya berpandukan mesin pencari seperti Google, pengguna di seluruh dunia mempunyai akses internet yang mudah atas bermacam-macam informasi. Perkembangan Internet juga telah mempengaruhi perkembangan ekonomi. Berbagai transaksi jual beli yang sebelumnya hanya bisa dilakukan dengan cara tatap muka (dan sebagian sangat kecil melalui pos atau telepon), kini sangat mudah dan sering dilakukan melalui Internet. Transaksi melalui Internet ini dikenal dengan nama e-commerce. Terkait dengan pemerintahan, Internet juga memicu tumbuhnya transparansi pelaksanaan pemerintahan melalui e-government.

Di Indonesia yang meriupakan negara berkembang yang mana akses Internet masih juga rendah, yaitu sekitar 42% dari pengguna internet diakses melalui fasilitas Public seperti warnet, cybercafe, hotspot dll. Tempat umum lainnya yang sering dipakai untuk akses internet adalah di kampus dan dikantor. Disamping menggunakan PC (Personal Computer), kita juga bisa mengakses Internet melalui Handphone (HP) menggunakan Fasilitas yang disebut GPRS (General Packet Radio Service). Teknologi GPRS dapat diakses yang mendukung fasilitas tersebut. Pen-setting-an GPRS pada ponsel Tergantung dari operator (Telkomsel, Indosat, XL, 3) yang digunakan. Biaya akses Internet dihitung melalui besarnya kapasitas (per-kilobite) yang didownload.

Internet juga semakin banyak digunakan di tempat umum. Beberapa tempat umum yang menyediakan layanan internet termasuk perpustakaan, dan internet cafe/warnet (juga disebut Cyber Cafe). Terdapat juga toko-toko yang menyediakan akses wi-fi, seperti Wifi-cafe. Pengguna hanya perlu membawa laptop (notebook), atau PDA, yang mempunyai kemampuan wifi untuk mendapatkan akses internet.

Berbicara masalah fungsi internet sebagian besar para peselancar dunia maya sudah tahu betul, yaitu internet berfungsi sebagai layanan online yang disediakan di seluruh penjuru dunia untuk mengakses berbagai macam informasi dan peristiwa yang terjadi di berbagai belahan dunia dalam waktu yang relative singkat dan tanpa ada batasan lokasi serta waktu. Namun tidak cukup bagi kita hanya sekedar mengenal fungsi internet itu saja, akan tetapi kita juga perlu mengenal lebih jauh tentang sejarah internet di dunia dan atau sejarah internet masuk di Indonesia pada khususnya serta dampak positif dan dampak negative internet bagi para penggunanya.

Fungsi internet sangat banyak sekali. Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa dalam kehidupan sehari-hari sekarang ini kita sangat membutuhkan sekali yang namanya internet. Internet berkembang sangat pesat karena berbagai macam fasilitas yang ada di dalamnya. Fasilitas-fasilitas internet memiliki beberapa tujuan yaitu :

* Sebagai sarana mengirim surat elektronik (email)

* Sebagai surat pembelajaran dan pendidikan

* Sebagai sarana untuk penjualan atau pemasaran

* Melakukan mailing list, newsgroup, dan konferensi

Mailing list atau newsgroup digunakan untuk melakukan diskusi online dalam sebuah forum tertentu untuk membahas permasalahan tertentu bagi netter (pengguna internet) yang memiliki masalah dan topic yang sama.

* Chating
Chatting adalah sarana internet yang digunakan untuk berkomunikasi langsung melalui tulisan ataupun lisan.

* Mesin pencari (search engine)
Mesin pencari (search engine) merupakan fasilitas yang disediakan oleh situs-situs tertentu untuk mempermudah pencarian atau pelacakan informasi yang kita butuhkan secara cepat.

* Untuk mengirim SMS ke telepon seluler

* Sarana entertainment dan permainan

* Menyimpan file multimedia seperti, audio, foto, dokumen, maupun video

* Menyalurkan ide kreatif ide melalui blogging

Satu lagi fungsi internet yang paling banyak berpengaruh adalah digunakan sebagai sarana komunikasi antar teman,saudara baik local maupun mancanegara. Banyak sekali jejaring sosial yang dapat kita temui pada web antara lain facebook, twitter, friendster, foursquare, formspring, my space, kaskus, koprol, plurk, dll.

“ XLANGKAH LEBIH MAJU DENGAN INTERNET ”


2 komentar: